You need to enable javaScript to run this app.

Teknik Mesin

  • Selasa, 08 Desember 2020
  • Administrator

Program keahlian Teknik Mesin atau Teknik Mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Teknik mesin biasanya terdiri dari: Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi energi dan  Ilmu Bahan / Metalurgi.

Kompetensi keahlian yang di pelajari adalah :

Teknik Pemesinan

  1. Mampu menggunakan alat ukur mekanik presisi
  2. Mampu melakukan pekerjaan dengan msin gerindra dan mesin bor
  3. Mampu melakukan pekerjaan dengan mesin bubut sesuai SOP
  4. Mampu melakukan pekerjaan dengan mesin frai sesuai SOP
  5. Mampu membuat dan menyusun program DNC
  6. Mampu Membuat gambar komponen mesin secara detail sesuai standar ISO

 

Teknik Pengelasan 

  1. Mampu melakukan proses pengelasan pelat dengan pelat, pelat dengan pipa, pipa dengan pipa , berbagai posisi pada sambungan sudut dan tumpul menggunakan las oksi asettilin (DRW)
  2. Mampu melakukan proses pengelasan pelat dengan pelat, pelat dengan pipa, berbasis posisi pada sambungan sudut dan tumpul menggunakan brazing dan braze welding
  3. Mampu melakukan proses pengelasan pelat dengan pelat, pelat dengan pipa, berbasis posisi pada sambungan sudut dan tumpul menggunakan las busur manual (SMAW)
  4. Mampu melakukan proses pengelasan pelat dengan pelat, pelat dengan pipa, berbasis posisi pada sambungan sudut dan tumpul menggunakan Gas metal MIG / MAG (GMAW)
  5. Mampu melakukan proses pengelasan pelat dengan pelat, pelat dengan pipa, berbasis posisi pada sambungan sudut dan tumpul menggunakan Gas Tungsten (GTAW)
Bagikan artikel ini:
Mujadi, M.Pd

- Kepala Sekolah -

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan…

Berlangganan
Banner