You need to enable javaScript to run this app.

Naskah Akademik Coding dan AI Beredar, Menteri Mu'ti: Resmi Jadi Dasar Ambil Keputusan

  • Jum'at, 14 Maret 2025
  • Editor
Naskah Akademik Coding dan AI Beredar, Menteri Mu'ti: Resmi Jadi Dasar Ambil Keputusan

Jakarta - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendidkasmen) Abdul Mu'ti benarkan naskah akademik mata pelajaran coding dan Artificial Intelligence (AI) yang beredar di publik. Ia menyatakan naskah akademik itu resmi dan akan jadi dasar untuk mengambil keputusan.

"Jadi naskah akademik yang beredar yang ada tanda tangan saya itu yang resmi menjadi dasar untuk kami mengambil keputusan," kata Mu'ti kepada detikEdu usai acara Peluncuran Mekanisme Baru Tunjangan Guru ASN Daerah Langsung ke Rekening Guru di Plaza Insan Berprestasi Kemendikdasmen, Jakarta pada Kamis (13/3/2025).

Usai diparaf, Kemendikdasmen tengah menunggu harmonisasi peraturan menteri dari Kementerian Hukum. Harmonisasi hukum sendiri dijelaskan sebagai proses penyelarasan peraturan perundang-undangan yang sedang disusun atau yang sudah ada.

"Sudah selesai semua, sudah saya paraf tinggal menunggu harmonisasi peraturan menteri dari kementerian hukum," tambah Mu'ti.

Kendati demikian, Mu'ti menegaskan coding dan AI dipastikan berjalan pada tahun ajaran 2026/2027 sebagai mata pelajaran pilihan bukan wajib. Kedua mata pelajaran ini akan diselenggarakan pada sekolah yang siap melaksanakannya.

"Tahun ajaran baru itu rencananya kita terapkan tapi memang untuk pilihan ya bukan wajib ya," kata Sekum PP Muhammadiyah itu lebih lanjut.

si Naskah Akademik Coding-AI

Naskah Akademik coding-AI yang beredar pada publik, diunggah pada laman Sistem Informasi Kurikulum Nasional Kemendikdasmen. Di

dalamnya dijelaskan tentang landasan pembelajaran, konsep coding dan AI, cakupan materi, durasi pembelajaran, hingga kualifikasi dan

kompetensi guru pengampu.

Adapun cakupan materi coding-AI yang akan diterima siswa yakni:

Coding

Jenjang SD/MI

Menghasilkan solusi untuk masalah sehari-hari secara terstruktur menggunakan alat bantu seperti balok susun atau kepingan gambar

Menyusun langkah sistematis dan logis dengan kosakata terbatas atau simbol dari pengalaman (perintah sederhana/algoritma dasar)

Menjalankan urutan instruksi bersyarat sederhana (baris-berbaris atau menggunakan program berbasis blok dengan logika percabangan dan pengulangan)

Memahami distopia teknologi

Jenjang SMP/MTs

Merancang program untuk sistem manajemen sederhana meliputi pengumpulan, pemahaman, dan pemrosesan data

Menulis program pada aplikasi sederhana berbasis simbol

Merancang produk digital sederhana

Jenjang SMA/MA/SMK/MAK

Merancang program berbasis teks lebih kompleks dengan tambahan fungsi dan modul

Membuat program berbasis teks untuk menyelesaikan masalah nyata, seperti simulasi pergerakan objek

Membuat produk digital yang lebih kompleks

Artificial Intelligence

Jenjang SD/MI

Memahami dampak kecerdasan artifisial dalam kehidupan sehari-hari

Menggunakan AI dengan memegang etika (keadaban)

Membedakan antara teknologi AI dan non AI

Memahami konsep dasar input-proses-output

Jenjang SMP/MTs

Memahami dampak AI terhadap masyarakat

Memahami persoalan pada AI

Memahami hubungan antara data dan AI dengan penggunaan teachable machine, termasuk pentingnya data yang berkualitas

Jenjang SMA/MA/SMK/MAK

Menggunakan teknologi AI dengan kombinasi perintah yang tepat (prompt engineering)

Memahami dampak AI terhadap pekerjaan

Memahami persoalan pada AI sebagai bahan untuk evaluasi teknologi AI

Membangun model AI sederhana

Membangun aplikasi dengan menggunakan model AI yang sudah ada, tersedia dalam bentuk library/API

Sedangkan durasi pembelajaran coding-AI di setiap jenjangnya yakni:

Jenjang SD/MI: 2 jam pelajaran per minggu

Jenjang SMP/MTs: 2 jam pelajaran per minggu

Jenjang SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10: 2 jam pelajaran per minggu

Jenjang SMA/MA/SMK/MAK Kelas 11 dan 12: 4 jam pelajaran per minggu

(https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7822242/naskah-akademik-coding-dan-ai-beredar-menteri-muti-resmi-jadi-dasar-ambil-keputusan)

(dmsrz)



Bagikan artikel ini:

Komentari Tulisan Ini