• SMK NEGERI 1 BALIKPAPAN
  • Smakenza Bisa Hebat, Siap Kerja - Santun - Mandiri - Kreatif

Makanan yang Bantu Lawan Flu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak enak badan karena flu membuat kita tak semangat menjalani hari. Bila sudah begini, maka penting bagi kita untuk beristirahat sejenak dan menyantap makanan bergizi agar imunitas tubuh bertambah. Hal itu pun dapat membuat tubuh kita lebih cepat dalam pemulihan.

"Penting untuk selalu memakan makanan bergizi, dan meningkatkan sistem imun dengan makan makanan yang tepat sebagai upaya preventif, serta menambah kekuatan untuk melawan virus," jelas Ahli Diet Terdaftar dan Nutrisionis, Kristen Gradney, dilansir di laman USNews, Ahad (26/7).

Makanan yang bergizi mengandung jenis-jenis vitamin tertentu. Beberapa vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh saat sakit flu adalah vitamin A, C, D, E, dan Zinc.

Vitamin A dapat menambah imunitas pada tubuh, dan baik untuk mata, jantung, paru-paru, ginjal, dan juga kulit. Sementara vitamin C, dapat menambah antibodi pada tubuh, di mana antibodi tersebut merupakan protein yang dapat melawan sakit.

Sementara vitamin D, dapat membantu sistem imun. Kemudian vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menambah fungsi imun dan dapat menunda beberapa tipe sel yang rusak pada tubuh. Lalu Zinc dapat berfungsi menyembuhkan luka dan juga mendukung imunitas.

Setidaknya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu tubuh melawan pilek atau flu. Berikut penjelasan Gradney.

Sup Ayam

Sup ayam cocok untuk dihidangkan sebagai penawar sakit flu. Ayam mengandung protein, dan sayuran menyediakan berbagai vitamin seperti wortel, yang mengandung vitamin A.

Sup ayam sangat efektif jika kita menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalamnya.  Bawang putih memiliki mineral yang disebut selenium yang membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel. Selain itu, kaldu dalam sup ayam dapat menghidrasi.

Jeruk

Untuk meningkatkan asupan vitamin C, makan buah jeruk bisa menjadi solusi. Satu jeruk sedang memiliki 70 mg vitamin C, yang hampir memenuhi tunjangan harian yang direkomendasikan 75 mg untuk wanita dewasa, 90 mg direkomendasikan untuk pria.

Telur

Telur mengandung vitamin D, E, dan protein yang tinggi. Satu sel telur juga memiliki seng 0,65 mg. Berbagai olahan telur sangat bisa dibuat di rumah. Telur orak-arik juga bisa disajikan di atas salmon asap. Atau, sertakan telur dalam burrito sarapan.

Paprika Merah

Para ahli nutrisi memuji paprika merah karena satu cangkir mengandung lebih dari 300 persen dari asupan vitamin C harian yang disarankan. Kandungan ini dapat membantu kita lebih cepat pulih saat sakit. Paprika merah bisa ditambahkan ke dalam sup, salad, atau dipanggang menjadi lauk. 

Tomat

Satu tomat sedang mengandung 18,9 mg vitamin C. Ini juga memiliki vitamin A dan antioksidan yang disebut likopen yang membantu melindungi kesehatan jantung. Menu sup tomat dapat membantu Anda meningkatkan asupan cairan, yang penting ketika Anda terserang flu atau flu. 

Yogurt atau Susu Kefir

Yogurt dan kefir kaya akan protein dan vitamin D. Mereka juga memberi bakteri sehat pada usus. Sebab, memiliki usus yang sehat dapat membantu menangkal virus.

Pilih yogurt atau kefir sebagai bagian dari sarapan atau sebagai camilan. Beli yogurt dengan sedikit gula untuk membantu menurunkan asupan gula.

(https://republika.co.id/berita/qe2g0h463/makanan-yang-bantu-lawan-flu)

Tulisan Lainnya
3 Peran Orang Tua Mendampingi Anak saat Pembelajaran Jarak Jauh

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (covid-19) membuat pemerintah memutuskan menggelar pembelajaran jarak jauh. Kondisi itu mendorong kehadiran teknologi dalam dunia pendidikan (ed

24/09/2020 08:46 - Oleh Editor - Dilihat 22 kali
Google Meet Dapat Peningkatan, Apa Saja?

jpnn.com - Google melakukan pembaruan untuk layanan video konferensi Meet dengan mengubah tampilan di aplikasi untuk platform Android dan iOS. Tampilan baru yang dihadirkan oleh Google

14/09/2020 09:18 - Oleh Editor - Dilihat 26 kali
Belajar Daring Sebaiknya tak Lebih dari 90 Menit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses belajar jarak jauh yang dilakukan anak dari rumah membuat anak mau tak mau lebih sering terpapar layar komputer, laptop atau handphone. Namun perubaha

07/08/2020 11:02 - Oleh Editor - Dilihat 69 kali
Tips Ciptakan Suasana Menyenangkan Bagi Anak Selama PJJ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selagi pandemi Covid-19, kesehatan jiwa, ketenangan pikiran, dan kekuatan mental orang tua dan anak penting dijaga. Apalagi, anak-anak masih menjalani sistem

07/08/2020 10:53 - Oleh Editor - Dilihat 98 kali
Dukung PJJ, Kenali Karakter dan Kepribadian Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ), penting membangun komunikasi efektif antara orang tua dan anak. Setidaknya, orang tua dapat lebih mengerti, bahkan

07/08/2020 10:31 - Oleh Editor - Dilihat 70 kali
Ahli Ingatkan Masyarakat Perhatikan Nutrisi Hadapi Era AKB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli kesehatan mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan asupan nutrisi ke dalam tubuh menghadapi era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). "Ada beberapa tindakan

28/07/2020 11:16 - Oleh Editor - Dilihat 78 kali
Orang Dewasa Juga Perlu Main, Ini Manfaatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermain identik dengan aktivitas yang lekat dengan anak-anak, tapi sebetulnya usia bukan penghalang untuk bermain. Tak sekadar menghabiskan waktu luang, ada

28/07/2020 11:03 - Oleh Editor - Dilihat 79 kali
Kopi yang Disaring Bantu Tekan Risiko Diabetes Tipe 2

REPUBLIKA.CO.ID, UMEA -- Sebuah studi belum lama ini menunjukkan manfaat kesehatan dari kopi yang disaring. Analisis khusus itu berfokus pada kematian dini, bahwa minum kopi yang disari

28/07/2020 10:57 - Oleh Editor - Dilihat 78 kali
Mungkinkah Hidup Normal Lagi Setelah Ada Vaksin Covid-19?

REPUBLIKA.CO.ID MELBOURNE--Banyak orang yang berpikir kehidupan akan segera kembali seperti semula setelah vaksin Covid-19 ditemukan. Mungkinkah itu benar-benar terjadi?  

28/07/2020 09:00 - Oleh Editor - Dilihat 70 kali
Thermo Gun Ukur Suhu dengan Terima Pancaran Inframerah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Guru Besar pada Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Prof. Dr. dr. Samekto Wibowo mengatakan the

28/07/2020 08:49 - Oleh Editor - Dilihat 67 kali