• SMK Negeri 1 Balikpapan
Sosialisasi PPDB Online 2019 SMA dan SMK Negeri Se - Kota Balikpapan

Bertempat di aula SMK N 1 Balikpapan Jumat 21 Juni 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur lewat MKKS SMA dan SMK menggelar Sosialisasi PPDB Online SMA/SMK Negeri se Kota Balikpapan untuk wilayah Selatan dan Timur. Dalam pertemuan sosialisasi ini MKKS SMA dan SMK mengundang pihak - pihak terkait yang berhubungan dengan PPDB  Online SMA/SMK Negeri se Kota Balikpapan seperti  pihak Kecamatan Balikpapan Selatan, Kecamatan Balikpapan Timur, Kelurahan wilayah Balikpapan Selatan dan Timur,Polsek Balikpapan Selatan,Dandim 0951,Tim Saber Pungli Polres Kota Balikpapan, Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur, RT  Bina Lingkungan SMK N 1 Balikpapan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan,Kepala Sekolah SMP Negeri se Kota Balikpapan, dan para orang tua/wali calon siswa SMA/SMK Negeri.

Dalam sosialisasi ini ada beberapa hal yang di jelaskan berkaitan sistem PPDB Online untuk tahun ajaran 2019-2020 ini yang nanti di gelar secara serentak untuk Provinsi Kaltim pada tanggal 1 Juli s/d 5 Juli 2019 ( jadwal terlampir ).

Di antaranya mengenai persyaratan pendaftaran untuk calon siswa SMA / SMK Negeri juga mengenai pembagian wilayah Bina Lingkungan untuk SMK dan Zonasi SMA. Ketua MKKS SMK Negeri Kota Balikpapan dan juga sekaligus Kepala SMK N 1 Balikpapan Drs. H.M. Syukri, M.Si menjelaskan bahwa untuk SMK tidak menggunakan Zonasi seperti SMA  dan juga ada beberapa persyaratan khusus yang nantinya harus di penuhi oleh calon siswa yang akan mendaftar di SMK Negeri yaitu tidak buta warna untuk beberapa program kompetensi di bidang teknologi dan maksimal tinggi badan untuk sekolah kemaritiman dalam hal ini adalah SMK N 5 Balikpapan yaitu 160 cm untuk putra dan 155 cm putri, persyaratan ini sifatnya wajib karena berhubungan langsung dengan dunia kerja nantinya setelah lulus dari SMK.

Sementara itu mengenai penyalahgunaan yang kerap terjadi dalam PPDB Online seperti pengaduan pelayanan ataupun pungutan – pungutan liar yang nantinya bisa terjadi dalam proses penerimaan ini masyarakat bisa langsung mengadukan ke pihak terkait dalam hal ini Ombudsman Perwakilan Kaltim di Balikpapan ataupun Tim Saber Pungli Polres Kota Balikpapan. Dan untuk link pendaftaran pendaftar atau calon siswa bisa langsung meng klik link berikut ini http://ppdb.disdik.kaltimprov.go.id/

(dmsrz@2019)

TULISAN TERKAIT