• SMK Negeri 1 Balikpapan
Ini Aturan Minum Air Putih Selama Berpuasa Agar Tidak Dehidrasi

JAKARTA - Asupan cairan dalam tubuh tetap harus dijaga untuk menghindari dehidrasi meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Saat puasa, tubuh tetap membutuhkan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Kurang minum menyebabkan dehidrasi yang telah terbukti menurunkan fokus. 

Menjaga keseimbangan air dalam tubuh juga tidak kalah penting untuk meningkatkan fungsi tubuh, termasuk menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Waktu berpuasa kurang lebih harus menahan lapar dan haus selama 14 jam kerap menjadi kendala untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Padahal selama berpuasa, proses metabolisme dalam tubuh tetap berjalan seperti biasa, terutama ekskresi atau proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya seperti berkeringat dan berkemih. Dengan demikian, kebutuhan hidrasi tubuh harus terpenuhi 100%, meski tengah berpuasa.JAKARTA - Asupan cairan dalam tubuh tetap harus dijaga untuk menghindari dehidrasi meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Saat puasa, tubuh tetap membutuhkan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Kurang minum menyebabkan dehidrasi yang telah terbukti menurunkan fokus. 

Para ahli pun menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih dibandingkan minuman lainnya. Pasalnya, air putih merupakan cairan yang paling alami untuk menghidrasi tubuh. Air putih tidak mengandung pemanis atau kalori, pewarna, ataupun pengawet (preservative) sehingga air putih baik untuk kesehatan.

Namun saat puasa, justru banyak orang lebih memilih mengkonsumsi minuman manis dan membatasi minum air putih. Padahal, air putih memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan mengkonsumsi asupan manis yang berlebihan. Di mana jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis berkalori tinggi pada saat buka puasa, dapat terjadi penimbunan kalori berupa lemak.

Selain itu, jika kekurangan air, seluruh kerja organ dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Begitu juga reaksi kimia dalam tubuh tidak dapat berlangsung dengan baik pula. Sementara, beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit serta membuat hidup lebih sehat.

Lantas bagaimana aturan minum air putih saat puasa?

Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya, @pdgki.jaya menjelaskan aturan minum air putih yang tepat selama bulan puasa. Diantaranya yaitu 1 gelas setelah bangun sahur pada pukul 03.00, 1 gelas setelah makan sahur pada pukul 04.00, 1 gelas setelah adzan magrib pada pukul 18.00, 1 gelas setelah sholat maghrib pada pukul 18.15, 1 gelas saat makan berat pukul 18.30, 1 gelas sebelum sholat isya pukul 19.00, 1 gelas setelah shalat tarawih pada pukul 20.30 dan 1 gelas sebelum tidur pada pukul 22.00.

(alv)
 

TULISAN TERKAIT