• SMK Negeri 1 Balikpapan
Ini 5 Nutrisi Pemacu Imun Tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan yang dimakan memiliki dampak langsung pada tubuh. Karena itu sangat penting memperhatikan apa yang perlu kita konsumsi. Masukkan bahan makanan esensial dalam daftar belanjaan. Bagi daftar itu menjadi lima kelompok makanan, sehingga Anda membeli bahan makanan yang mengandung nutrisi itu. 

“Selama penguncian, makan sehat lebih penting dari sebelumnya. Makanan yang Anda makan memiliki dampak langsung pada mekanisme pertahanan tubuh Anda,” kata ahli gizi Nmami Agarwal dalam sebuah unggahan Instagram, seperti dilansir di Indianexpress.com.

Jadi, ada lima kelompok makanan utama. Jika makanan itu dimasukkan dalam makanan sehari-hari, maka makanan ini dapat membantu menjaga Anda tetap sehat. Lima nutrisi penting dan item makanan terkait yang harus disimpan selama karantina, yakni 

1.Karbohidrat

Gerakan kita dibatasi selama penguncian, kelelahan bisa terjadi dengan mudah. Karbohidrat akan memberi energi untuk tetap aktif sepanjang hari di antaranya beras, jagung hingga gandum. 

2.Protein 

Unsur ini memainkan peran langsung dalam membangun kekebalan. Sumber protein yang bisa dibeli, seperti, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, telur, susu. 

3.Lemak sehat 

Ini penting untuk berfungsinya sistem saraf dan penyerapan vitamin. Namun, pilih lemak sehat dalam bentuk kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, dan minyak, seperti kelapa, wijen.

4.Vitamin, terutama C dan D 

Vitamin bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu melawan penyakit pernapasan. Kondisi karantina mandiri membuat kebanyakan orang tidak cukup terpapar sinar matahari, sehingga kadar vitamin D berisiko rendah. Karena itu, kita harus mencari makanan yang kaya vitamin D, seperti, kiwi, jeruk, produk susu.

5.Mineral 

Contohnya, seng dan magnesium yang sangat penting membangun kekebalan, karena berperan dalam reaksi biologis kritis. Seng dan magnesium memiliki efek yang terbukti mengurangi flu. Sumber mineral yang bisa dibeli, yakni kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau.

(https://republika.co.id/berita/qak790478/ini-5-nutrisi-pemacu-imun-tubuh#comment-list)

TULISAN TERKAIT