• SMK Negeri 1 Balikpapan
Jaga Stamina Tubuh dengan Asupan Air yang Cukup

JAKARTA -- Memasuki musim pancaroba di Indonesia, cuaca bisa berubah dengan cepat dari panas menjadi hujan. Tubuh pun berisiko terpapar oleh virus yang bisa menyebabkan kondisi kesehatan menurun dan rentan terhadap berbagai penyakit.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindar dari penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan termasuk di dalamnya, seperti membiasakan cuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta membersihkan tempat beraktivitas.

Kekebalan tubuh juga harus dimiliki untuk membentengi diri dari ancaman berbagai penyakit. Cara paling sederhana yang mudah dilakukan adalah dengan memastikan hidrasi sehat lewat meminum air mineral dalam jumlah yang cukup.

Direktur Nutrisi dan Sains Danone-AQUA, dr Tria Rosemiarti, menjelaskan sejumlah manfaat minum air mineral dalam jumlah memadai. Asupan air itu sangat membantu fungsi dan sistem organ tubuh seperti jantung, otak, dan otot.

Selain itu, hidrasi sehat turut membantu proses eliminasi sisa metabolisme dalam tubuh serta membawa nutrisi ke sel-sel tubuh. Sayangnya, pada musim pancaroba, kebutuhan tubuh akan hhidrasi sehat sering diabaikan.

Hal tersebut lantaran suhu udara yang dingin dan hujan yang turun kerap membuat rasa haus tidak terasa. Padahal, hidrasi sehat sangat penting untuk mengurangi risiko dehidrasi. Ada dampak buruk lain jika tubuh kekurangan asupan air.

Kehilangan air lebih dari satu persen berat tubuh, bisa berdampak terhadap penurunan kemampuan fisik dan kognitif tubuh. Bahkan, pengaturan suhu tubuh dan fungsi kardiovaskular bisa terganggu. Gangguan itu juga berpotensi menurunkan kekebalan tubuh.

"Saat kekebalan tubuh menurun yang disertai ketidakseimbangan fungsi organ tubuh, kita akan rentan terhadap penyakit menular. Pastikan hidrasi sehat dalam jumlah cukup setiap saat, terutama pada musim pancaroba," ujar Tria lewat pernyataan resminya dikutip republika.co.id, Jumat (20/3).

Air mineral merupakan jenis air yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh membutuhkan mineral untuk berbagai keperluan yang vital bagi kesehatan, misalnya untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Mineral menjaga kekuatan tulang, kinerja saraf, memperbaiki sistem imunitas, serta membantu fungsi kardiovaskuler. Selain cukup minum, Tria mengingatkan konsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga agar tidak mudah terserang penyakit.

(https://republika.co.id/berita/q7gsji463/jaga-stamina-tubuh-dengan-asupan-air-yang-cukup)

TULISAN TERKAIT