• SMK Negeri 1 Balikpapan
5 Buah-buahan untuk Menurunkan Berat Badan

jpnn.comJAKARTA - Selain kaya akan gizi, buah-buahan termasuk makanan yang membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena buah rendah kalori tapi kaya akan serat. Di samping itu, buah juga bisa membuat Anda kenyang sehingga cocok untuk pengganti nasi. 

Penasaran buah apa saja yang mampu menurunkan berat badan Anda? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN, Minggu (12/1).

1. Apel dan Pir

Kedua buah-buahan memberikan dosis serat yang sehat (4 gram dalam apel sedang dan 6 dalam pir sedang), dan itu saja membuat mereka ramah diet. Namun di luar itu, ada juga penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa mengudap apel dan pir membantu menurunkan berat badan.

2. Plum kering

Plum California masuk daftar buah yang membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat larutnya (3 gram), yang membantu membuat Anda merasa kenyang dan mengatur kadar gula darah.

3. Semangka

Rendah kalori (satu cangkir hanya mengandung 46 kalori) dan mengandung air, semangka secara alami merupakan pilihan yang bagus untuk pelaku diet.

4. Tomat

 

Tomat adalah pilihan rendah kalori dan super sehat, penelitian penurunan berat badan pada buah ini sebenarnya dilakukan dengan jus tomat 100 persen. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition, para peneliti menemukan bahwa ketika wanita menambahkan sebotol jus tomat ke dalam makanan sehari-hari, mereka memangkas lingkar pinggang mereka dan menurunkan kolesterol mereka.

5. Bluberi

Ketika orang dewasa yang kelebihan berat badan mengganti 50 gram karbohidrat dalam diet mereka dengan 50 gram blueberry, mereka menjadi langsing dan mampu meningkatkan kesehatan mereka. Setelah 3 bulan, pemakan blueberry (bila dibandingkan dengan rekan mereka yang tidak makan blueberry tetapi terus makan 50 gram karbohidrat) menurunkan BMI mereka, kehilangan lebih banyak lemak tubuh, dan menurunkan beberapa kadar kolesterol mereka.(fny/jpnn)

(https://www.jpnn.com/news/5-buah-buahan-untuk-menurunkan-berat-badan)

TULISAN TERKAIT