• SMK Negeri 1 Balikpapan
Tips Permainan Orang Tua dan Anak untuk Hindari Gawai

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pakar Tumbuh Kembang Anak, Prof. DR. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K)., M.Si meminta para orang tua agar mengurangi melihat ponsel, dan lebih sering berinteraksi dengan anak dengan mengajaknya mengobrol, dan permainan kolaborasi.

"Dikurangin main HP, ajak anak ngobrol, permainan kolaborasi," kata Dosen yang mengajar di Universitas Indonesia ini di Jakarta, Jumat (1/11).

Hal tersebut penting untuk dilakukan orang tua, sehingga dapat menciptakan generasi yang unggul di kemudian hari. Anak harus diberikan stimulasi dengan permainan-permainan yang sederhana.

Mereka dapat diberikan contoh sambil bermain, dan sekaligus orang tua dapat mencurahkan kasih sayangnya. Anak-anak bisa diajari dengan berbicara, cuci tangan, makan, salaman, mencoret, menggambar dan lainnya.

Dalam menciptakan generasi yang unggul, orang tua juga dapat memberikan makanan bergizi yang seimbang, dan cukup. Berikan ASI, dan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang seimbang. 

"Orang tua kurangi beli rokok, dan pulsa, tapi beri anak makanan yang bergizi, beli saja uangnya untuk ikan lele itu bagus untuk makanan anak," katanya. 

Kemudian orang tua dapat mencegah penderitaan pada anak yang bersifat infeksi, kekerasan, eksploitasi, penelantaran. Penting dalam menjaga kebersihan makanan dan minuman, serta lingkungan anak. Selain itu juga hindari anak dari terpapar asap rokok.

Lalu orang tua dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan anak setiap bulannya. Mereka juga bisa pergi ke posyandu untuk mengetahui pertumbuhan berat badan dan tinggi badan anak.

(https://republika.co.id/berita/q0ahrf430/tips-permainan-orang-tua-dan-anak-untuk-hindari-gawai)

TULISAN TERKAIT