• SMK Negeri 1 Balikpapan
Manfaat Minum Kopi untuk Cegah Batu Empedu

jpnn.com - Kopi tak hanya populer karena rasa dan aromanya, tapi manfaatnya bagi kesehatan. Mulai dari menambah energi, meredakan sakit kepala, memperbaiki mood, dan masih banyak lagi. Nah, mungkin banyak yang belum tahu bahwa minum kopi juga bisa cegah batu empedu.

Penelitian terbaru terhadap 105.000 suku Danes selama 8 tahun yang tinggal di kawasan Skandinavia bagian selatan menunjukkan, konsumsi lebih dari 6 gelas kopi sehari akan menurunkan risiko terbentuknya batu empedu sebanyak 23 persen.

Lantas, bagaimana dengan seseorang yang dalam sehari hanya minum 1-2 gelas kopi? Studi juga menunjukkan kabar baik, bahwa konsumsi kopi meski sedikit tetap dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu.

Dibandingkan dengan individu yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali, seseorang yang hanya minum 1 gelas kopi kopi sehari pun mengalami penurunan risiko pembentukan batu empedu sebanyak 3 persen. Sedangkan pada orang-orang yang mengonsumsi 3-6 gelas kopi per hari, penurunannya tercatat sebanyak 17 persen.

Temuan ini dikemukakan dalam “Journal of Internal Medicine” yang terbit pada bulan September lalu.

Cara kerja kopi cegah batu empedu

Para ahli meyakini bahwa kafein yang dikeluarkan melalui cairan empedu mengurangi jumlah kolesterol yang ditemukan dalam cairan empedu. Hal tersebut memungkinkan penurunan risiko terbentuknya batu empedu, karena pembentukannya bergantung pada keseimbangan kadar kolesterol dan asam empedu. 

Selain itu, kopi juga menstimulasi kontraksi otot yang menggerakkan isi makanan di dalam saluran cerna. Karena cara kerja kafein tersebut, disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa teh dan cokelat (yang juga mengandung kafein) juga bisa menurunkan risiko pembentukan batu empedu.(klikdokter)

(https://www.jpnn.com/news/manfaat-minum-kopi-untuk-cegah-batu-empedu)

TULISAN TERKAIT