You need to enable javaScript to run this app.

Kemendikbud Buka Pendaftaran Pendamping Guru Penggerak, Ini Kriterianya

  • Rabu, 21 Oktober 2020
  • Artikel
  • Editor
Kemendikbud Buka Pendaftaran Pendamping Guru Penggerak, Ini Kriterianya

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) membuka pendaftaran Pengajar Praktik (Pendamping) Pendidikan Guru Penggerak sejak Selasa 20 Oktober 2020 hingga 13 November 2020.

Calon Pendamping Guru Penggerak tak hanya terbatas untuk guru dan kepala sekolah saja. Pengawas sekolah dan Praktisi Pendidikan juga bisa mendaftar.

"Selain merekrut calon peserta, Kemendikbud juga merekrut pengajar praktik (pendamping) program dari kalangan Guru Berpengalaman, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Akademisi/Praktisi/Konsultan Pendidikan terbaik di 74 kabupaten/kota daerah sasaran PGP angkatan 2," tulis Kemendikbud melalui akun Instagram, Selasa (14/10/2020).

Dijelaskan pula, Program Guru Penggerak adalah pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Kemendikbud mengajak para guru-guru terbaik di 56 kabupaten/kota daerah sasaran PGP angkatan 2 untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Program Guru Penggerak angkatan 2.

Kriteria Pendamping Pendidikan Guru Penggerak

Berikut kriteria bagi calon pendamping Guru Penggerak yang akan mendaftar:

  1. Guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, atau praktisi/ akademisi/ konsultan pendidikan yang telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership).
  2. Mendapat izin dari pimpinan/ atasan tempat bekerja. Jika merupakan praktisi/ konsultan individu tidak perlu surat izin.
  3. Bersedia mendampingi peserta selama proses pendidikan dan pendampingan selama 9 bulan.
  4. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat PPG, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.


Informasi tentang penjelasan PGP, daerah sasaran, peran guru penggerak, peran pendamping serta pendaftaran PGP angkatan 2 dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendikbud Buka Pendaftaran Pendamping Guru Penggerak, Ini Kriterianya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/21/071120571/kemendikbud-buka-pendaftaran-pendamping-guru-penggerak-ini-kriterianya.
Penulis : Ayunda Pininta Kasih
Editor : Ayunda Pininta Kasih

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Bagikan artikel ini:
Mujadi, M.Pd

- Kepala Sekolah -

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan…

Berlangganan
Banner