• SMK NEGERI 1 BALIKPAPAN
  • Smakenza Bisa Hebat, Siap Kerja - Santun - Mandiri - Kreatif

Tahap I Program Guru Penggerak Diikuti 2.800 Peserta, Ubah Pola Pikir Pendidik

KOMPAS.com - Kemendikbud telah menyelesaikan proses seleksi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan I dengan 2.800 peserta yang lolos dari 56 kabupaten/kota.

Proses pendampingan guru penggerak Angkatan I mulai dilakukan pada Kamis, 15 Oktober 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim secara resmi melakukan pembukaan kegiatan tersebut.

Bersamaan dengan itu, proses pendaftaran guru penggerak angkatan 2 juga sudah dibuka mulai 13 Oktober-7 November 2020.

Sebanyak 2.800 guru dari 56 kabupaten/kota lainnya akan direkrut untuk menjadi kandidat guru penggerak dan calon pengajar praktik (pendamping) di 74 kabupaten/kota.

Ubah pola pikir pendidik

Para pengajar yang lolos dalam PGP Angkatan I memberikan apresiasi positif atas kegiatan ini. Mereka berharap, program ini menjadi bagian percepatan transformasi pendidikan nasional.

“Keterampilan kami sebagai guru betul-betul digali, meskipun saya sudah mengajar lama,” ungkap Aam Amaliah, salah satu pengajar yang lolos guru penggerak Angkatan.

Guru SMAN 1 Cijeruk Bogor ini menjelaskan, rangkaian seleksi PGP sangat panjang namun hasilnya mampu mengubah pola pikir para pengajar.

Mulai dari pendaftaran, verifikasi dan validasi data, seleksi tahap 1 berupa tes bakat skolastik dan pengumuman hasil seleksi tahap 1, penjadwalan seleksi tahap 2, seleksi tahap 2 berupa simulasi mengajar dan wawancara, pengumuman calon guru penggerak yang lolos, serta pelaksanaan pendidikan guru penggerak.

“Meski umur sudah masuk kepala lima, saya masih semangat menggali ilmu. Saya salut dengan pemberi materi, pendamping yang akan mendampingi kita, itu anak-anak muda tapi mereka hebat. Keren banget,” jelas Aam.

Ia berharap, PGP bisa terus berlanjut demi mendorong Program Merdeka Belajar.

Jujur dan persiapan mental

Guru SMA 1 Rawalo, Jawa Tengah, Aris Sugiharto menjelaskan untuk lolos sebagai guru penggerak hal penting yang harus dipersiapkan adalah mental dan kejujuran.

Para calon guru penggerak terbuka menyampaikan kemampuan yang dimiliki serta terus menggali dan mengasah potensi diri.

“Teman-teman guru ayo mendaftar, tergerak, untuk kita bisa melakukan perubahan demi peningkatan pendidikan. Tanpa ada agen perubahan, akan sulit terwujud. Harapan saya tetap semangat dengan motivasi tinggi,” tegasnya.

Aris juga berharap kendala dan hambatan selama pelaksanaan seleksi dan pelatihan di angkatan pertama dapat diatasi. Salah satunya terkait komunikasi antara pusat dan daerah.

Dengan demikian, pelaksanaan program angkatan selanjutnya dapat berjalan lebih baik.

Manfaat yang sama juga dirasakan Theresia Sri Rahayu. Menurut guru pendamping ini, banyak sekali manfaat dan wawasan baru selama proses seleksi dan pembekalan.

Tak surut karena tantangan

“Banyak materi yang kami dapat mulai teori sampai teknik komunikasi. Kami belajar bagaimana teknik komunikasi efektif dengan calon guru penggerak,” sebut Theresia.

Guru SDN Waihibur Nusa Tenggara Timur ini mengaku selama menjalani proses pembekalan seringkali mengalami sejumlah kendala jaringan listrik dan internet. Hampir setiap hari listrik mati dan signal seringkali susah dijangkau.

Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat untuk menjalankannya.

“Pembekalan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan karena sangat penting. Cuma tantangannya luar biasa. Bahkan, pernah kami mengalami gempa saat mengikuti pembekalan daring,” ungkap Theresia.

Dia mengaku selama ini kesulitan melakukan inovasi di sekolahnya.

“Ketika mencoba melakukan perubahan saya butuh dukungan dari orang tua ataupun dinas pendidikan,” sebutnya. Program Guru Penggerak dinilai sangat membantu proses inovasi dan perubahan tersebut. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahap I Program Guru Penggerak Diikuti 2.800 Peserta, Ubah Pola Pikir Pendidik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/16/090136871/tahap-i-program-guru-penggerak-diikuti-2800-peserta-ubah-pola-pikir-pendidik?page=all#page2.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tulisan Lainnya
Tahap 2 Bantuan Kuota Kemendikbud Segera Disalurkan, Daftar Aplikasi Tambahan di Sini

KOMPAS.com - Kemendikbud telah menyalurkan kembali bantuan kuota data internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen pada Kamis, 22 Oktober 2020 sebanyak 7,2 juta paket kuota int

23/10/2020 09:23 - Oleh Editor - Dilihat 8 kali
Sejumlah Pengelola SMK di Balikpapan, Pertanyakan Aturan Rinci Mengenai Pembelajaran Tatap Muka

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Sejumlah pengelola SMK di Kota Balikpapan meminta kejelasan terkait dengan aturan pembelajaran tatap muka selama pandemi Covid-19. Pasalnya, menur

23/10/2020 08:49 - Oleh Editor - Dilihat 6 kali
Walikota Balikpapan Akan Tutup Lapangan Merdeka dan Grand City, Ini Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Pemerintah Kota Balikpapan melalui Satgas Covid-19 akan menutup dua fasilitas umum sementara. Penutupan itu akan dilakukan usai libur nasional atau cuti bers

23/10/2020 08:44 - Oleh Editor - Dilihat 21 kali
Kemendikbud: Guru Masih Alami Kendala Hadapi PJJ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Praptono mengataka

23/10/2020 08:39 - Oleh Editor - Dilihat 7 kali
Yuk, Kenali Prodi Kekinian Untuk Gamers Sejati!

Jakarta, Ditjen Diksi - Berkembangnya teknologi digital memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap aktivitas dan kegiatan masyarakat di era modern. Salah satunya adalah perkem

21/10/2020 10:56 - Oleh Editor - Dilihat 15 kali
Kemendikbud Buka Pendaftaran Pendamping Guru Penggerak, Ini Kriterianya

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) membuka pendaftaran Pengajar Praktik (Pendamping) Pendidikan Guru Penggerak sejak Selasa 20 Oktober 2020 hingga 13 Nove

21/10/2020 10:23 - Oleh Editor - Dilihat 8 kali
Membangkitkan Sekolah Vokasi Jadi "Obat Mujarab" bagi Indonesia

KOMPAS.com - Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) harus aktif dalam membangun sinergi dengan pemerintah daerah ( Pemda) dan desa. Sinergi ini dilakukan demi memperkuat kualitas lulusan sisw

21/10/2020 10:15 - Oleh Editor - Dilihat 12 kali
Walikota Balikpapan Rizal Effendi Tegur Sekolah Swasta yang Ketahuan Gelar Pembelajaran Tatap Muka

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Walikota Balikpapan Rizal Effendi mendapat laporan terkait pembelajaran tatap muka yang dilakukan salah satu sekolah swasta. Tentu

21/10/2020 09:26 - Oleh Editor - Dilihat 12 kali
Kemendikbud: Animo Guru Ikuti Program Guru Penggerak Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan animo guru dan tenaga kependidikan untuk mengikuti Program Guru Penggerak&

21/10/2020 09:20 - Oleh Editor - Dilihat 19 kali
8 Webinar Gratis Kemendikbud untuk Asah Keterampilan Guru

KOMPAS.com – Sejak Senin (19/10/2020) hingga Jumat (23/10/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mengadakan 8 web seminar gratis untuk guru mengasah keterampi

19/10/2020 10:34 - Oleh Editor - Dilihat 41 kali