Banner
SMAKENZA NEWS IN POCKETPerpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa Kerja
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 2021746
Pengunjung : 361259
Hari ini : 235
Hits hari ini : 633
Member : 835
IP : 52.23.192.92
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
20 February 2019
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Twitter

Inilah Arti Lambang Daerah Kota Balikpapan, Tersimpan Makna 21-1-1960

Tanggal : 02/07/2019, 07:53:48, dibaca 29 kali.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Peraturan tentang Lambang Daerah Kota Balikpapan pertama kali ditetapkan pada tahun 1970.

Melalui Peraturan Daerah (Perda) Kotamadya Balikpapan No.01 /P.D./19 - 70 tanggal 19 Januari 1970 tentang Lambang Daerah Kotamadya Balikpapan. 

Produk hukum ini kemudian mengalami perubahan pada tahun 2002 di masa kepemimpinan Wali Kota Imdaad Hamid.

Sebenarnya tidak banyak yang berubah. Yang paling urgen hanyalah kata "Kotamadya Balikpapan" menjadi "Kota Balikpapan". 

Hal ini merujuk pada ketentuan pasal 2, dan pasal 32 Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi dalam Daerah Provinsi, Daerah Kabupaten, dan Daerah Kota, sehingga sebutan bagi Daerah Kota Balikpapan yang semula adalah "Kotamadya Daerah Tingkat II Balikpapan" diubah menjadi "Kota Balikpapan".

Selain itu, sebutan Kepala Daerah yang semula adalah "Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Balikpapan", diubah menjadi "Wali Kota Balikpapan".

Atas dasar itulah maka Pemerintah Kota Balikpapan melakukan penyesuaian terkait lambang daerah.

Berikut gambar, uraian arti, dan warna lambang daerah Kota Balikpapan seperti yang tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan Nomor 19 Tahun 2002.

Gambar Lambang Kota Balikpapan berbentuk "PERISAI" sebagaimana tercantum di bawah ini.

Lambang Daerah Kota Balikpapan

Uraian tentang arti Lambang Kota Balikpapan adalah sebagai berikut:

a) Kata-kata KOTA BALIKPAPAN dengan warna kuning emas dasar pita merah berpinggir kuning emas. artinya: "Kota Balikpapan berbudi luhur. Keluhuran budi itu harus disertai dengan kesucian hati bagi setiap warganya dan dipertahankan dengan keberanian".

b) Kata MANUNTUNG, berarti "Tabah Sampai Akhir"

c) Anak Tangga 5 (lima) buah warna putih, artinya: Anak tangga yang menuju pintu gerbang, artinya: "Pembangunan daerah ini yang merupakan pintu gerbang Kalimantan Timur, dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan
daerah dan bersifat rasional, dilaksanakan penuh rasa keikhlasan (kesucian) hati".

d) Pintu Gerbang yang berdasarkan tangga dan berdinding dua buah Iayar putih pinggir kuning emas dan haluan perahu warna hijau. Artinya "Kota Balikpapan merupakan pintu gerbang Kalimantan Timur. Dan oleh karena itu maka Kota Balikpapan harus suci dari segala noda, kesucian itu diiringi pula dengan keluhuran budi bagi setiap warganya. Haluan perahu berwarna hijau diartikan bahwa generasi-generasi bangsa di Kota Balikpapanadalah pendukung-pendukung
Pancasila yang berjiwa suci dan berbudi luhur serta mempunyai inspirasi yang selalu berkembang".

e) Bentuk Iayar perahu berwarna putih sebagai dinding gerbang, berarti;

  • Salah satu mata pencaharian pokok penduduk Kota Balikpapan adalah sebagai nelayan dan atau berdagang antar pulau. Kesemuanya itu memerlukan alat pengangkutan yang umumnya berupa perahu Iayar.
  • Perahu layar sebagai pintu gerbang juga berarti gerak (dinamika). Sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur, Kota Balikpapan tetap bergerak maju secara dinamis sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
  • Perahu Iayar juga mengandung arti bahwa sebagian besar penduduk Kota Balikpapan adalah perantauan dari daerah-daerah/pulau-pulau lain di seluruh Nusantara, serta mengingatkan kita akan alat perhubungan laut nenek moyang kita dahulu dalam membina bangsa Indonesia adalah dengan perahu Iayar.
  • Bentuk haluan perahu warna hijau, artinya "Suatu keseimbangan di kiri-kanan tangga yang berarti bahwa dalam membangun daerah Kota Balikpapan, diperlukan keselarasan/keseimbangan di segala bidang".

g) Gambar padi dan kapas. artinya;

  • Syarat mutlak hidup adalah sandang pangan, demikian juga tujuan pokok perjuangan kita adalah masyarakat adil makmur, murah sandang pangan dan diridhoi oleh Allah SWT.
  • Kapas dan daunnya berjumlah 21, padi sebanyak 60 butir dan di antara keduanya berdiri tegah sebuah telabang mempunyai arti bahwa di samping kita berjuang terus menerus menuju cita-cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur, kita juga tidak akan melupakan detik-detik bersejarah dimana tanggal 21-1-1960 Pemerintahan Kota Balikpapan berdiri.

h) Gambar telabang dengan kilang minyak dan sebuah roda, artinya;

  • Telabang melambangkan unsur kebudayaan asli Kalimantan, warna merah menandakan keberanian dalam mempertahankan kebenaran dan keadilan. 
  • Kilang minyak berwarna kuning emas, berarti bahwa Balikpapan adalah Kota minyak. Karena adanya Pengilangan Minyaklah yang mengangkat nama Balikpapan sampai terkenal diseluruh dunia. (kuning keluhuran/keagungan).
  • Roda melambangkan roda pemerintahan yang bergerak dengan segala kemampuan, kebijaksanaan dan penuh rasa tanggung jawab dengan suatu beban amanah, yaitu Amanat Penderitaan Rakyat untuk mencapai suatu masyarakat adil dan makmur.
  • Roda dilukis dengan warna kuning berarti bahwa dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pemimpinnya mempunyai budi yang luhur.

i) Dasar warna biru dengan diberi leswarna kuning emas, berarti;

  • GEO GRAFIS, suatu alam yang indah penuh ketentraman dengan Iautnya yang melingkungi Kota Balikpapan.
  • GEO - EKONOMIS, merupakan salahsatu daerah penghasil ikan yang dalam intensifikasinya dapat dijadikan sumber devisa negara.

j) Bintang kuning emas artinya;

  • Ketuhanan Y.M.E. adalah inti jiwa bangsa Indonesia.
  • Pancasila disamping sebagai dasar Negara juga merupakan falsafah hidup bangsa yang dijunjung tinggi, bukan hanya oleh Bangsa Indonesia, tetapi juga oleh Bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

Arti warna Lambang Daerah Kota Balikpapan adalah sebagai berikut;

  • Warna Hijau Daun: Kemakmuran.
  • Warna Putih: Kesucian.
  • Warna Merah: Keberanian.
  • Warna Kuning Emas: Keluhuran.
  • Warna Biru Mudah: Ketentraman. (*)


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Inilah Arti Lambang Daerah Kota Balikpapan, Tersimpan Makna 21-1-1960, http://kaltim.tribunnews.com/2019/02/06/inilah-arti-lambang-daerah-kota-balikpapan-tersimpan-makna-21-1-1960?page=3.
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Syaiful Syafar





Berita Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas