Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1903667
Pengunjung : 345768
Hari ini : 383
Hits hari ini : 1797
Member : 835
IP : 54.163.19.57
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
19 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
Twitter

Indonesia Darurat Matematika, Pola Ajar HOTS akan Diperkuat

Tanggal : 11/15/2018, 08:02:41, dibaca 62 kali.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengaku telah mendeteksi gejala darurat matematika pada peserta didik di Indonesia. Karena itu, sebagai solusi pemerintah bakal lebih memperkuat pola ajar bernalar tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS).  

"Karena itu tahun ini kita juga sudah memberlakukan ujian nasional dengan standar HOTS untuk merespon ketertinggalan siswa-siswa kita di dalam matematika," kata Muhadjir di Gedung A Kemendikbud, Selasa (13/11).  

Dia mengatakan, melalui pola ajar dan ujian yang berstandar HOTS diharapkan mampu mengasah otak siswa untuk mencerna mata pelajaran lain. Seperti mapel IPA, bahasa Indonesia dan materi lain yang diperlukan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 

"Di era digital dan revolusi industri 4.0 ini kan siswa harus menguasai keterampilan 4C yang terdiri dari critical thinking, collaboration, communication skill dan creativity dan saya tambahkan satu lagi yaitu percaya diri," jelas dia.  

Untuk mengoptimalkan pola ajar HOTS di kelas, kata Muhadjir, Kemendikbud juga telah melakukan pelatihan secara besar-besaran kepada guru matematika dan IPA. Pelatihan itu dimaksudkan agar guru juga memahami bagaimana esensi dari proses belajar yang bernalar tinggi atau HOTS.  

"Kita juga bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk yang agak masif dengan perusahaan Casio untuk pengenalan matematika dengan menggunakan kalkulator dalam penalaran HOTS," jelas dia.  

Karena itu dia berharap, upaya yang kini telah dilakukan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi matematika di sekolah. Begitu pun guru diharapkan mampu meningkatkan mutu ajarnya.

https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/11/13/pi4jpf349-indonesia-darurat-matematika-pola-ajar-hots-akan-diperkuat )





Berita Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas