Banner
PPDB Online Kaltim 2018-2019Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa Kerja
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1691268
Pengunjung : 299001
Hari ini : 259
Hits hari ini : 808
Member : 835
IP : 54.224.2.123
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
22 July 2018
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Twitter

5 Cara Buktikan Diri sebagai Karyawan Profesional

Tanggal : 12-04-2018 08:53, dibaca 82 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seseorang yang bekerja di kantor, sikap profesional adalah hal mutlak yang harus Anda perhatikan. Sikap profesional berkaitan dengan penilaian seseorang mengenai cara Anda  bekerja.  

Meskipun Anda tidak harus memikirkan penilaian buruk orang lain, penilaian tersebut bisa digunakan sebagai cerminan diri bagi Anda agar menjadi pribadi yang lebih baik. 

Naiknya jabatan seseorang di kantor juga dipengaruhi sikap profesionalnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan bagaimana pandangan orang di sekitar mengenai Anda.  

Untuk membentuk diri menjadi karyawan profesional, Anda tidak harus mencari muka. Sebab banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan agar menjadi karyawan yang profesional di kantor.

Ringan Membantu

Sifat ringan membantu menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang dermawan. Bukan hanya itu, Anda juga akan terlihat memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih. Mulailah peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa capat tanggap menawarkan bantuan kepada rekan kerja.

Hindari sikap individualisme. Akan tetapi, jangan lupa untuk memerhatikan etika dalam menolong seseorang. Jangan menolongnya dengan cara yang tidak wajar karena bisa membuat Anda terkesan menginginkan sesuatu darinya atau bahkan terkesan pamer. Karena itu, bantulah rekan Anda sewajarnya, terlebih lagi jika sedang berada dalam keadaan terdesak.

Tidak Membedakan Orang dalam Melakukan Kebaikan

Poin ini sangat penting untuk Anda pahami. Melakukan kebaikan bukan untuk digunakan sebagai ajang pamer. Biarlah kebaikan Anda terbayar oleh respons positif sekeliling Anda. 

Jangan hanya berbuat baik di depan atasan. Berbuat baiklah karena memang Anda ingin melakukannya bukan untuk mendapatkan pujian dari atasan. Memang memiliki citra yang unggul di mata atasan adalah penting. Namun, Anda tidak bisa berada di lingkungan kerja yang tidak menyukai Anda karena sisi penjilat Anda. 

Ikuti Komunitas Kantor

Bergabung dengan komunitas kantor juga dapat membuat Anda lebih jauh mengenal rekan kerja, baik kepribadiannya maupun pengalamannya. Karena itu, tunjukkanlah bahwa Anda benar-benar ingin mengenal mereka. 

Selain itu, ikut dalam komunitas kantor juga dapat mempererat hubungan Anda dengan rekan kerja sehingga akan semakin nyaman bagi Anda untuk bekerja. Sebab sejatinya mereka yang bekerja dengan Anda adalah orang yang dekat dengan Anda. 

Tunjukkan Performa Terbaik

Meskipun sudah diterima untuk bekerja, pihak kantor tentunya ingin mengetahui kemampuan Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan terbaik Anda melalui pekerjaan yang diberikan.

Biasanya hal yang berhubungan dengan performa kerja Anda adalah seberapa dekat pekerjaan itu terselesaikan sesuai dengan deadline. Biasakan untuk tidak bekerja karena menunggu deadline sehingga Anda bisa membuktikan bahwa Anda bukanlah seorang yang suka menunda-nunda pekerjaan. 

Selain itu, biasakan menyelesaikan pekerjaan dengan rapi, tepat, dan sesuai. Hal ini untuk menghindari mengerjakan pekerjaan yang sama berulang-ulang. Dan ingat, jangan mengeluh! 

Perhatikan Penampilan dan Gestur Tubuh

Penampilan dan gestur tubuh adalah dua hal yang berbeda, tapi mirip. Penampilan lebih mengarah pada bagaimana cara Anda berpakaian dan mengenakan segala sesuatu yang melekat pada tubuh Anda. Sementara gestur berhubungan dengan cara Anda melakukan segala sesuatu. Dengan kata lain, gestur berhubungan dengan gerak-gerik Anda. 

Dalam dunia kantor, berpakaianlah sebagaimana peraturan yang diterapkan kantor. Jangan berpakaian yang berlebihan atau bahkan tidak memerhatikan penampilan. Bagaimanapun juga, penampilan adalah penilaian pertama bagi Anda. Setelahnya adalah gestur. 

Jangan menjadi pribadi yang sulit tersenyum. Sebab senyuman bisa dijadikan sebagai alat pencair suasana. Murah senyum menunjukkan bahwa Anda pribadi yang terbuka untuk menerima orang baru dan ide-ide baru.

Karyawan yang Profesional Ditentukan Diri Sendiri

Sadar atau tidak, ternyata menjadi karyawan profesonal ditentukan Anda sendiri. Entah itu melalui sifat ataupun cara kerja. Karena itu, biasakanlah untuk menjadi pribadi yang positif, yang tidak menunda-nunda untuk menolong, tidak menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan, dan tidak sulit tersenyum. 

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com

( http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/18/03/23/p61gw7368-5-cara-buktikan-diri-sebagai-karyawan-profesional )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas