Banner
SMAKENZA NEWS IN POCKETPerpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa Kerja
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 2021655
Pengunjung : 361252
Hari ini : 228
Hits hari ini : 542
Member : 835
IP : 52.23.192.92
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
20 February 2019
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Twitter

Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Anda Makan Lebih Sehat

Tanggal : 07-02-2019 09:20, dibaca 23 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika harus memutuskan apa yang akan dimasak dan dimakan, banyak dari kita kewalahan. Baik itu dari media sosial, televisi maupun bahkan pada kemasan makanan itu sendiri, kita terus-menerus diberi saran yang kompleks dan sering bertentangan tentang apa yang seharusnya kita makan. 

Makanan yang baik haruslah mudah. Ini tentang menjaga hal-hal sederhana agar kita dapat membuat pilihan makanan terbaik sepanjang hari dengan cepat dan terjangkau. Ikuti prinsip-prinsip panduan ini untuk membantu Anda makan lebih sehat, seperti yang dikutip di ABC.net.au.  

Lebih baik makanan segar dibanding kemasan  

Memilih lebih banyak makanan segar dan lebih sedikit makanan yang dikemas akan sangat membantu meningkatkan gizi. Makanan segar umumnya mengandung mikronutrien dan serat yang lebih tinggi. Itu akan membantu kita menghindari lemak, gula, dan garam tambahan yang tersembunyi.  

Mulailah dengan sayuran  

Biasakan mengisi piring dengan setidaknya 50 persen sayuran. Lebih banyak makan sayuran adalah salah satu hal paling penting yang dapat kita lakukan untuk kesehatan. 

Cari tahu sayuran mana yang Anda sukai dan nikmati secara teratur daripada mencoba memakan semuanya. Ketika Anda ingin membuatnya menjadi camilan, potong dan simpan sayuran untuk membuatnya menjadi pilihan yang lebih mudah.

Konsumsi berbagai jenis makanan  

Mengonsumsi beragam buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan menyediakan beragam vitamin dan mineral. Anda bisa tambahkan lentil dan kacang-kacangan ke piring, dan coba sayuran hijau yang berbeda dalam salad setiap pekan. Dengan mengonsumsi beragam makanan, Anda tidak perlu khawatir kehilangan nutrisi.  

Berhenti konsumsi gula tambahan  

Menghindari gula yang ditambahkan ke produk atau terkonsentrasi dalam produk baik oleh konsumen atau produsen adalah langkah besar menuju kesehatan yang baik. Namun, boleh saja konsumsi gula, tetapi sesekali saja jangan terlalu sering. 

Beberapa cara sederhana menghindari gula adalah dengan menghindari minuman manis dan makan buah-buahan utuh daripada dibuat jus. Penting untuk mempelajari banyak nama lain untuk gula pada label, seperti konsentrat jus buah atau glukosa. Anda juga perlu mempertanyakan klaim sehat pada makanan kemasan. Biasanya perhatian Anda akan dialihkan dari membaca label nutrisi.

Pahami tentang lemak  

Tidak semua lemak itu buruk. Lemak omega-3 dan omega-6 yang sehat sangat penting bagi kesehatan kita karena mendukung membran sel, perkembangan otak, dan kesehatan jantung. Ikan berminyak seperti salmon dan tuna, alpukat, dan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia, kacang pinus, kacang kenari, kacang almond, biji labu dan kacang mede akan membantu.  

Masak dan makan dengan orang terdekat  

Ilmu pengetahuan membuktikan makan dengan orang lain membuat kita makan lebih sedikit, dan mungkin itu lebih baik. Makan bersama teman dan keluarga cenderung memperlambat makan kita, memungkinkan perut kita mengirim pesan ke otak ketika kenyang. Ini juga membuat Anda terhubung dengan orang yang dicintai yang mendukung kesejahteraan mental dan kebahagiaan secara keseluruhan.  

Awasi porsi Anda  

Bahkan ketika makan dengan baik, makan terlalu banyak akan menghambat kesehatan Anda. Cara sederhana mengelola tidak hanya kualitas, tetapi kuantitas diet. Lebih baik makan dalam porsi yang lebih kecil dan nambah jika masih lapar.  

Gunakan piring yang lebih kecil, berjalan lambat, dan lakukan pengecekan nafsu makan Anda. Terakhir, jika masih ingin makan, pilihlah lebih banyak sayuran daripada tambahkan lebih banyak pasta, nasi atau daging ke piring.

Kurangi garam  

Asupan garam yang tinggi dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Banyak dari asupan garam dicatat dalam produk olahan termasuk makanan ringan, makanan cepat saji, saus olahan, dan daging olahan.

Cara mudah mengelola asupan garam Anda adalah dengan makan makanan segar atau olahan daripada makanan kemasan. Tetapi jika harus makan makanan kemasan, periksa panel nutrisi produk makanan tersebut dan pastikan untuk kurang dari 120 Mg natrium per 100 gram.

Perbanyak air  

Air minum membantu semua fungsi tubuh. Mengisi, menghidrasi, dan membantu konsentrasi serta fokus. Ini juga salah satu hal termudah dan termurah yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita. Mulailah setiap pagi dengan dua gelas air, nikmati air setiap kali makan, dan sediakan botol atau tempat minum sehingga Anda dapat minum setiap saat.

https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/19/02/07/pmj4r4366-kebiasaan-sederhana-ini-bantu-anda-makan-lebih-sehat )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas