Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1956386
Pengunjung : 352611
Hari ini : 60
Hits hari ini : 222
Member : 835
IP : 54.226.25.74
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
17 January 2019
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Twitter

Donor Darah itu Menyehatkan Loh, Ini Penjelasannya

Tanggal : 10-01-2019 10:05, dibaca 7 kali.

jpnn.com - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah bisa menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Sebab, Sel darah merah yang diproduksi di tubuh kita umumnya memiliki jangka hidup sekitar 3-4 bulan. Ini berarti bahwa darah dalam tubuh kita saat ini tidak sama dengan tiga bulan yang lalu.

"Jadi tidak benar untuk berpikir bahwa seseorang akan menghadapi kekurangan darah setelah menyumbangkannya," kata Dr. Vanshree Singh, direktur Bank Darah di Indian Red Cross Society, seperti dilansir laman India Times, Selasa (8/1).

Menyumbangkan darah Anda juga memiliki manfaat kesehatan yang secara bawaan bermanfaat bagi tubuh Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi risiko serangan jantung

Penumpukan zat besi yang berlebihan di tubuh Anda bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung kurang diamati pada wanita karena pengangkatan darah secara konstan melalui siklus menstruasi. Jadi, laki-laki khususnya harus mempertimbangkan menyumbangkan darah sekali dalam tiga hingga empat bulan untuk menjaga jumlah zat besi yang tepat dalam aliran darah.

2. Mengurangi risiko kanker Anda

Tidak ada bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa donor darah rutin mengurangi risiko kanker. Namun kelebihan zat besi dalam tubuh telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, mungkin bermanfaat untuk memiliki darah yang digambar secara teratur.

3. Meningkatkan umur Anda

Fakta bahwa umur Anda meningkat setelah donor darah rutin tidak terbukti secara ilmiah, tetapi jika itu memengaruhi banyak organ dalam cara yang baik, maka itu jelas akan membantu Anda hidup lebih lama.

4. Tingkatkan sistem kekebalan Anda

Donor darah rutin meremajakan seluruh sistem Anda. Limpa, organ yang secara signifikan terlibat dalam produksi dan eliminasi sel darah merah direvitalisasi setelah donor darah. Tapi, perlu diingat bahwa darah tidak boleh terlalu sering disumbangkan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Donor darah untuk tujuan mengurangi berat badan tidak disarankan. Namun, ada banyak yang mengklaim bahwa dengan menyumbangkan hanya satu pint darah, Anda kehilangan 650 kalori. Selain itu, saat mendonorkan darah, plasma darah juga hilang yang mengandung asam lemak (kolesterol bebas). Kolesterol bebas adalah alasan utama untuk serangan jantung dan lemak terakumulasi dalam tubuh Anda.

6. Membantu menyelamatkan nyawa

Manfaat terbesar menjadi donor darah adalah kesempatan untuk menyelamatkan nyawa. Dengan menyumbangkan 350-450 ml darah, Anda bisa menolong hingga empat kehidupan karena darah Anda bisa dimanfaatkan dalam beberapa cara — dengan memisahkannya sebagai sel darah merah, trombosit, plasma beku segar dan sel darah putih.(fny/jpnn)

https://www.jpnn.com/news/donor-darah-itu-menyehatkan-loh-ini-penjelasannya )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas