Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1785329
Pengunjung : 324252
Hari ini : 88
Hits hari ini : 136
Member : 835
IP : 54.156.39.245
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
19 October 2018
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Twitter

11 Taktik Optimalkan Daya Ingat dalam Sebulan

Tanggal : 12-10-2018 08:51, dibaca 11 kali.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Seiring waktu, memori manusia sedikit demi sedikit mulai menyusut. Ada saat-saat di mana mulai melupakan nama orang atau lupa menaruh kunci. Proses itu merupakan hal yang alami, namun ada cara untuk tetap mengoptimalkan memori otak manusia dalam sebulan. 

Dengan 11 taktik cepat dan efektif untuk meningkatkan memori, bisa mengingat lebih banyak dan mempelajari hal-hal baru jauh lebih singkat. 

1. Berhenti multitasking. Mampu melakukan banyak hal pada saat yang bersamaan mungkin terlihat keren. Namun pada kenyataannya perilaku itu dapat mengganggu ingatan dan lebih berbahaya dari yang lain. Cobalah untuk fokus dengan satu hal pada satu waktu. 

2. Tuliskan informasi penting yang ingin diingat. Dengan menulis dapat membantu otak untuk mengingat informasi tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan menulis dengan tangan menggunakan bagian otak lebih banyak daripada mengetiknya. Hal itu bisa merangsang otak karena harus memroses dan menganalisis informasi sebelum ditulis. 

3. Gunakan kekuatan visualisasi. Cara terbaik untuk mengingat sesuatu adalah dnegan menggunakan kekuatan visualisasi otak. Gambar grafik atau coretan dan stabilo dapat membantu informasi menempel di pikiran anda. 

4. Pelajari bahasa baru. Pengetahuan dasar bahas alain terbukti membawa efek positif yang besar pda ingatan manusia. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga ingatan tetap tajam. 

5. Mendengarkan musik. Semua manusia di bumi mendengarkan musik, namun tidak semua menyadari betapa bermanfaatnya kegiatan ini. Dengan mendengarkan musik dapat melibatkan kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Mendengarkan musik memiliki dampak positif pada ingatan seperti perhatian dan koordinasi. Belajar memainkan alat musik, menyanyi, dan menari dengan musik favorit juga baik bagi ingatan dan otak.

6. Istirahatkan diri dari alat elektronik. Ponsel, tablet, dan laptop adalah alat yang penting dalam kehidupan saat ini. Namun untuk beberapa alasan, seringkali alat-alat itu memecah konsentrasi dan menyebabkan otak tidak bisa berpikir dengan jernih. 

7. Tidur yang berkualitas. Dengan ritme kehidupan modern yang menggila, tidur dengan durasi delapan jam menjadi hal yang langka. Namun kenyataannya, tidur malam yang nyenyak sangat penting tidak hanya bagi kesehatan mental dan kesejahteraan secara umum tapi juga memiliki efek pada ingatan. Otak membutuhkan tidur untuk mengkonsolidasikan memori dan menumbuhkan sel-sel baru. 

8. Hindari stres. Stres seringkali berhubungan dengan kerja dan pendidikan. Fakta lain, stres tidak baik untuk ingatan manusia. Ketika sedang stres, otak kemungkinan kecil dapat menerima infomasi baru dan cenderung lebih mungkin melupakan apapun informasi yang didapat. Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi stres. Cara ini juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan mood dan meningkatkan fokus. 

9. Perhatikan pola diet. Diet yang seimbang terdiri dari makanan sehat memiliki efek positif pada ingatan, bahkan beberapa makanan memiliki manfaat yang besar. Sayuran hijau, rumput laut, buah beri, kacang-kacangan, minyak zaitun dan minyak kelapa, alpukat, dan kunyit adalah jenis makanan yang kaya akan komponen peningkat kemampuan otak seperti lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3. 

Selain makan makanan yang sehat, pertimbangkan pula untuk menghindari lemak trans dan gula. Bahan makanan ini terbukti membawa efek negatif pada otak dan kesehatans ecara umum. 

10. Latihan ringan. Diet sehat sangat bermanfaat bagi fungsi otak yang sehat. Gabungan diet sehat dengan olahraga teratur menjadi kombo yang sangat baik. Aktivitas fisik teratur bahkan yang ringan seperti jogging atau jalan cepat dapat meningkatkan ukuran bagian otak yang terlibat untuk ingatan dan pembelajaran. 

11. Cobalah permainan dan aplikasi pelatihan otak. Ada ribuan aplikasi dan permainan kebugaran otak tersedia, hal ini layak dicoba untuk meningkatkan kemampuan otak.

( https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/12/pggc4h382-11-taktik-optimalkan-daya-ingat-dalam-sebulan )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas