Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1893308
Pengunjung : 344650
Hari ini : 377
Hits hari ini : 3386
Member : 835
IP : 34.203.225.78
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
16 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
Twitter

9 Manfaat Meminum Air Hangat

Tanggal : 04-10-2018 08:56, dibaca 96 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air putih hangat diyakini memiliki manfaat kesehatan sejak lama. Pengobatan tradisional Cina dan budaya India contohnya, meyakini bahwa minum air putih hangat di pagi hari dapat memberi beragam manfaat kesehatan, termasuk untuk sistem pencernaan.

Tentunya, kebaikan dalam air putih hangat tidak otomatis bertambah jika suhu air semakin panas. Suhu air putih hangat perlu dijaga agar tidak merusak sel epitel di dalam mulut dan tenggorokan. Suhu maksimum air putih hangat yang baik adalah 120 derajat Fahrenheit atau sekitar 48 derajat Celcius.

Menurut penelitian, setidaknya ada sembilan manfaat yang tersembunyi di balik minuman hangat. Berikut ini ialah kesembilan manfaat tersebut seperti dilansir Reader's Digest. 

Bantu Menurunkan Berat Badan

Hanya dengan meminum air putih hangat memang tidak akan menurunkan berat badan. Namun ahli gizi Cara Walsh RD mengatakan kombinasi air putih hangat dan lemon di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh mampu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Selain itu, minum air putih hangat juga dapat 'membersihkan' usus untuk mencegah terjadinya kembung. 

Membersihkan Sinus

Beberapa uji klinis mengungkapkan bahwa minum air putih hangat dapat mengatasi hidung tersumbat lebih baik dibandingkan meminum air putih dingin. Alasannya, suhu yang lebih tinggi dapat mempercepat laju perjalanan lendir. 

Lebih Baik Untuk Gigi

Sanda Moldovan MS DDS mengatakan air putih hangat lebih baik untuk gigi dibandingkan air dingin. Alasannya, beberapa material tambalan gigi dapat mengerut jika terpapar air dingin sehingga pada akhirnya tambalan bisa terlepas dari gigi. Namun perlu dipastikan bahwa air putih yang diminum tidak terlalu panas karena suhu yang ekstrim pada gigi juga dapat memberi dampak merugikan. 

Lebih Baik Untuk Pencernaan

Air hangat memiliki efek vasodilator yang artinya dapat melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus. Kondisi ini dapat memberi dampak yang baik bagi pencernaan. Selain itu, kardiolog Luiza Petre MD mengatakan air putih hangat juga memiliki efek hidrasi yang lebih cepat. Jika minum air putih hangat diikuti dengan makan, suhu dari air putih hangat dapat mengemulsi lemak sehingga lebih mudah dicerna. 

Bantu Mengeluarkan Toksin

Minum air putih hangat dapat meningkatkan suhu tubuh inti dan menstimulasi proses keringat yang merupakan salah satu cara tubuh untuk membuang toksin. Jika diminum secara rutin dengan tambahan lemon, air putih hangat dapat menyeimbangkan makanan-makanan bersifat asam yang dikonsumsi sehari-hari. Alternatif penganti lemon adalah teh hijau yang memiliki fungsi menurunkan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. 

Meringankan Nyeri Dengan Alami

Minum air putih dapat menyebabkan otot berkontraksi, sedangkan minum air putih hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan otot sehingga otot menjadi lebih rileks. Efek ini dapat membantu meredakan beragam nyeri seperti nyeri sendi hingga kram menstruasi. Minum air hangat sebelum tidur juga memberi efek menenangkan sehingga dapat membantu tidur lebih cepat.

 

Memperlancar Sirkulasi Darah

Mandi air hangat dapat membantu organ-organ peredaran darah mengedarkan darah lebih efektif ke seluruh tubuh. Sedangkan minum air putih hangat dapat memperbaiki sirkulasi darah. Dengan begitu, tekanan darah dapat menjadi lebih baik dan risiko terhadap penyakit kardiovaskular dapat menurun. 

Meringankan Sembelit

Konstipasi bisa terjadi karena pergerakan usus yang rendah atau tidak ada sama sekali. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang cairan di dalam tubuh. Memulai hari dengan minum air putih hangat dapat memperbaiki pergerakan usus dan menurunkan kemungkinan sembelit. Peningkatan suhu dapat menstimulasi gerakan peristaltik usus dan membantu memperbaiki gerakan usus yang lamban. 

Menjadi Lebih Bersahabat

Air putih hangat juga dapat membantu seseorang menjadi lebih bersahabat. Penelitian yang dilakukan University of Colorado Boulder mengungkapkan bahwa partisipan yang meminum kopi panas cenderung melihat orang lain dengan lebih baik dibandingkan partisipan yang minum kopi dingin. Penelitian bagian kedua menunjukkan bahwa partisipan yang menggunakan pad terapi panas cenderung membeli hadiah untuk teman mereka dibandingkan untuk diri sendiri. Karena itu, pastikan Anda memegang cangkir minuman hangat selama mungkin saat menikmati minuman hangat apapun.

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/04/pg1nnh328-9-manfaat-meminum-air-hangat )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas