Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1721268
Pengunjung : 307470
Hari ini : 134
Hits hari ini : 262
Member : 835
IP : 54.196.73.22
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
21 August 2018
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
Twitter

Lima Buah Kaya Air Penangkal Dehidrasi

Tanggal : 31-05-2018 08:14, dibaca 107 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurang mengonsumsi air yang cukup dapat menyebabkan dehidrasi. Jika seseorang mengalami dehidrasi tentu dapat mengakibatkan berbagai masalah mulai dari kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram, tekanan darah rendah, dan denyut jantung yang berdetak dengan cepat. 

Bahkan, dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah komplikasi serius seperti kegagalan organ. 

Oleh karena itu, para ahli sering menganjurkan minum beberapa gelas air per hari agar dapat memenuhi kebutuhan air. Agar bisa mencukupi kebutuhan air, tak hanya bersumber dari mengonsumsi air saja. Tapi juga dapat bersumber dari makanan yang mengandung banyak air. 

Berikut ini lima buah yang memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membantu mengatasi dehidrasi seperti di kutip di laman Health Line, Selasa (29/5). 

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang paling banyak mengandung air sebesar  92 persen sehingga mampu membantu mengatasi dehidrasi. Selain itu, semangka juga mengandung beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A dan magnesium.  

Buah satu ini juga sangat rendah kalori. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah. Makanan dengan kepadatan kalori yang rendah telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan sehingga merasa lebih cepat kenyang dan mengurangi nafsu makan. 

2. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi. Karena sekitar 91 persen stroberi berasal dari air. Sehingga buah ini dapat membantu tetap terdehidrasi. Dengan mengonsumsi buah ini, dapat menambah asupan air harian yang diperlukan tubuh.  

Selain itu, stroberi memiliki banyak serat, antioksidan yang dapat mencegah penyakit, mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat dan mangan. Mengonsumsi stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi diri terhadap penyakit jantung, diabetes, alzheimer dan berbagai jenis kanker. 

3. Melon

Melon merupakan buah yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan karena kandungan airnya terdiri sekitar  90 persen air. Selain itu, buah ini juga mengandung serat yang dapat bekerja sama dengan air untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan seseorang. 

Selain itu, Melon kaya akan vitamin A yang mampu menyediakan 120 persen kebutuhan harian. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh terhadap infeksi. 

4. Persik

Buah persik adalah buah yang sangat padat nutrisi dan dapat menghidrasi. Hampir 90 persen dari berat buah ini adalah air. Selain itu, persik juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B dan kalium. 

Memakan buah persik dengan kulitnya  juga terbukti dapat menyumbang antioksidan penangkal penyakit seperti asam klorogenat. Kandungan air dan serat persik merupakan alasan mengapa buah ini begitu padat dan rendah kalori yag hanya mengandung 60 kalori. 

5. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Dalam satu buah jeruk mengandung sebanyak 88 persen air, bersamaan dengan serat dan beberapa nutrisi lainnya. Ini termasuk vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.   

Selain itu, jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Air dan serat dalam jeruk juga dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang sangat membantu untuk menjaga nafsu makan tetap terkendali.

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/05/31/p9kfh7284-lima-buah-kaya-air-penangkal-dehidrasi )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas