Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1849775
Pengunjung : 335976
Hari ini : 341
Hits hari ini : 1070
Member : 835
IP : 54.159.44.54
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
21 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Twitter

9 Kebiasaan Sederhana untuk Hemat Uang

Tanggal : 16-05-2018 08:58, dibaca 216 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, Anda mungkin telah menyusun sederet rencana keuangan yang ambisius. Kunci sukses untuk menjangkau itu semua adalah menerapkan kebiasaan kecil sehari-hari dan dari waktu ke waktu.  

Kebiasaan sederhana sedikit demi sedikit akan meningkatkan pundi-pundi keuangan Anda. Berikut beberapa tips sukses melakukannya, dilansir dariMental Floss, Selasa (15/5)  

1. Transfer otomatis uang ke rekening tabungan  

Skema transfer otomatis menjadi salah satu cara termudah untuk menabung. Ini bisa Anda terapkan setiap bulan setelah gajian.     

2. Rencanakan pengeluaran  

Rencanakan pengeluaran Anda dalam waktu sebulan. Buat daftar persis tentang apa saja yang ingin Anda beli, dan berapa banyak uang yang boleh Anda belanjakan. Dengan menyusun daftar dan mematuhinya, Anda akan lebih mantap memanajemen pengeluaran dan terhindar dari kegiatan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan.  

Hal sama berlaku untuk barang yang Anda beli secara daring. Cari tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan dan tunggu setidaknya beberapa hari sebelum melakukan pembelian. Jika ini bukan barang penting, cobalah menunggu hingga sebulan sebelum menambahkannya ke dalam keranjang belanja online Anda.     

3. Hemat uang dengan subtitusi  

Nilailah apa yang penting untuk Anda belanjakan. Dalam kategori yang biasa, Anda bisa mempertimbangkan mencari subtitusi barang atau mencari alternatif lebih murah, misalnya, jika Anda ingin makan keju, belilah selain mozarella.     

4. Pisahkan rekening tabungan  

Jika Anda menggunakan satu rekening untuk semua keperluan, biasanya Anda tanpa sadar akan membelanjakan seisi tabungan. Anda bisa membuka dua akun tabungan untuk meminimalisir kesalahan pengelolaan keuangan.    

5. Simpan uang kembalian  

Anda jangan menganggap enteng uang kembalian. Jika Anda mendapat uang kembalian seribu dua ribu setelah membeli sebatang cokelat, simpan di wadah terpisah di rumah. Anda jauh lebih efisien jika menggunakan transaksi nontunai, sebab uang tersebut bisa langsung Anda kembalikan ke rekening tabungan.    

6. Uang bonus tetap ditabung 

Anda mungkin mendapat kenaikan gaji, bonus bulanan fantastis, atau mendapat gaji sampingan. Pastikan Anda tetap mengalokasikan sebagian besar uang tersebut untuk ditabung.     

7. Koin juga disimpan  

Anda mungkin tidak suka menyimpan uang koin, tapi sesungguhnya koin-koin ini bisa digunakan dalam keadaan mendadak. Jika mungkin, miliki celengan di rumah. Ketika Anda membuka celengan koin Anda dalam setahun, Anda bisa jadi terkejut mendapat hasilnya.

8. Kurangi jajan di luar  

Anda bisa menghemat uang dengan mengurangi jajan di luar. Anda lebih baik mengisi kulkas dan memulai penghematan belanja bulanan.    

9. Cek buku tabungan

Sediakan waktu setiap bulan untuk memeriksa buku tabungan Anda. Melihat hasilnya akan memotivasi Anda melakukan penghematan. 

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/18/05/15/p8r3ng349-9-kebiasaan-sederhana-untuk-hemat-uang )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas